Kant adalah salah satu filsuf yang memikirkan dan menuangkan gagasan tentang moralitas. Kant berpikir moralitas adalah cara berpikir tentang apa yang harus kita lakukan, dan itu didasarkan pada alasan. Dia berpikir bahwa kita harus melakukan apa yang kita anggap benar, dan bahwa kita tidak boleh melakukan apa yang kita anggap salah.
Filsafat pikiran adalah studi tentang sifat pikiran, peristiwa mental, fungsi mental, sifat mental, kesadaran, dan hubungannya dengan tubuh fisik. Masalah pikiran-tubuh adalah masalah sentral dalam filsafat pikiran, meskipun masalah penting lainnya termasuk sifat persepsi, kesadaran, pengetahuan diri, dan makna keadaan mental. Salah satu yang membahas tentang filsafat pikiran adalah Immanuel Kant.
Dalam memahami filsafat pikiran, filsuf-filsuf seperti Immanuel Kant, Arthur Schopenhauer, dan David Hume semuanya memiliki perspektif yang berbeda tentang pikiran dan tubuh. Kant percaya bahwa pikiran adalah entitas yang terpisah dari tubuh. Pikiran adalah pusat kesadaran kita, dan itu adalah sumber kemampuan kita untuk bernalar. Tubuh, di sisi lain, adalah tempat keinginan dan emosi kita. Tubuh kita adalah hal-hal yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Schopenhauer, di sisi lain, percaya bahwa pikiran dan tubuh bukanlah entitas yang terpisah. Dia percaya bahwa pikiran tidak lebih dari produk tubuh. Pikiran hanyalah jumlah dari semua proses fisik yang terjadi di dalam tubuh. Hume, di sisi lain, percaya bahwa pikiran dan tubuh terpisah, tetapi dia tidak percaya bahwa pikiran adalah pusat kesadaran kita. Dia percaya bahwa pikiran tidak lebih dari kumpulan pikiran dan ide.
Ada banyak aspek diskusi Kant tentang pikiran dalam filsafat teoritisnya. Dua yang paling menonjol adalah penjelasannya tentang subjek kognitif dan serangannya terhadap konsepsi psikolog rasional tentang diri; pertama, tentang sumber dan batasan pengetahuan kita. Kant mengatakan bahwa pikiran kita terstruktur dengan cara tertentu sehingga penjelasan dapat diberikan tentang kemungkinan penilaian apriori sintetik. Ini memberi kita penjelasan tentang agen yang berpikir dan merasakan; kedua, penjelasannya terjadi di Paralogism of Pure Reason dan terdiri dari serangkaian kritik terhadap konsepsi psikolog rasional tentang diri sebagai kesatuan sederhana dan substansial yang bertahan sepanjang waktu. Bersama-sama, mereka membentuk gambaran diri yang canggih dan khas yang bertentangan dengan penjelasan empiris dan rasionalis tentang pikiran yang mendahuluinya. Tetapi, dalam hal ini bahasan Kant tentang pikiran jauh melampaui penjelasan tentang diri.
Filsafat pikiran kontemporer menempatkan filsafat tindakan tepat di dalam kewenangannya dan penjelasan tentang bagaimana manusia bertindak adalah penjelasan tentang bagaimana kemampuan mental kita diekspresikan dalam dunia empiris. Filosofi praktis juga, kemudian, terhubung ke isu-isu mengenai mentalitas kita. Inti dari penjelasan Kant tentang pikiran manusia adalah terdapat pada pembagiannya tentang pikiran kognitif menjadi dua fakultas yang berbeda: fakultas sensibilitas pasif dan fakultas pemahaman aktif.
Dua aspek dari divisi ini sangat penting. Pertama, bahwa setiap fakultas tidak dapat direduksi menjadi yang lain. Ini dibuktikan dalam fakta bahwa setiap fakultas memiliki representasinya sendiri yang dengannya ia berhubungan dengan objek: Objek karena itu diberikan kepada kita melalui kepekaan, dan itu sendiri memberi kita intuisi; tetapi mereka dipikirkan melalui pemahaman, dan dari situ muncul sebuah konsep. Kedua, bahwa kedua kemampuan itu secara individual diperlukan dan cukup bersama-sama dalam makhluk-makhluk terbatas untuk apa yang disebut Kant sebagai 'Erkenntnis'. 'Erkenntnis' adalah istilah teknis dan meskipun terjemahan bahasa Inggris awal abad kedua puluh menerjemahkan istilah itu sebagai 'pengetahuan', ada pengakuan yang meningkat dalam beberapa dekade terakhir bahwa Erkenntnis tidak dapat diidentifikasi dengan pengetahuan, setidaknya jika pengetahuan dipahami sebagai jenis pengetahuan proposisional yang telah menjadi subjek epistemologi kontemporer.
Kant mengklaim bahwa setiap fakultas memiliki elemen apriori yang keberadaannya menjelaskan kemungkinan bentuk-bentuk kognisi apriori sintetik tertentu. Dalam sensibilitas, representasi indrawi terstruktur oleh bentuk murni dari intuisi, yaitu ruang dan waktu. Salah satu cara untuk memahami ini adalah dengan mensyaratkan bahwa segala sesuatu yang diberikan kepada kita melalui intuisi diberikan kepada kita sebagai terstruktur secara spasial (misalnya memiliki ekstensi dan lokasi), atau sebagai terstruktur temporal (misalnya memiliki durasi), atau mungkin saja keduanya.
Bagi Kant, kepekaan dan pemahaman ditunjang oleh kemampuan imajinasi, kemampuan yang kurang mendasar dari 'intuisi bahkan tanpa kehadiran objek'. Dalam ranah empiris, sub fakultas ini memiliki fungsi reproduksi, misalnya halusinasi dan memori. Tetapi dalam 'fungsi transendentalnya' itu menengahi antara sensibilitas dan pemahaman, memainkan peran dalam produksi jenis tertentu dari representasi sensorik dan memungkinkan pemahaman untuk menerapkan konsep yang diberikan dalam sensibilitas. Salah satu cara utama di mana ia memainkan peran ini adalah melalui sintesis: bahwa 'tindakan menempatkan representasi yang berbeda bersama-sama satu sama lain dan memahami keragaman mereka dalam satu kognisi'.
Filsafat Kritis Kant juga membuat klaim tentang epistemologi pikiran, yaitu tentang cara kita mengetahui tentang kehidupan mental kita sendiri dan peran pengetahuan dan kesadaran dalam kognisi kita tentang dunia. Pada dasarnya, Kant membedakan dua cara di mana kita menyadari keadaan mental kita sendiri yaitu melalui indera batin, yang merupakan bentuk kepekaan, dan melalui apersepsi, kapasitas yang didasarkan pada aktivitas spontan pemahaman.
Gomes, A., & Stephenson, A. (Eds.). (2017). Kant and the Philosophy of Mind: Perception, Reason, and the Self. Oxford University Press.
Brun‐Rovet, E. (2002). Reid, Kant and the philosophy of mind. The Philosophical Quarterly, 52(209), 495-510.
Hanna, R. (2015). Cognition, Content, and the a Priori: A Study in the Philosophy of Mind and Knowledge. OUP Oxford.
0 Komentar